Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggaran yang Dialokasikan Wajib Direalisasikan

  • Oleh Naco
  • 19 Juli 2017 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur , Syahbana meminta agar Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di Kabupaten Kotim dapat merealisasikan anggaran yang sudah dialokasikan.

"Anggaran yang sudah dialokasikan itu wajib direalisasikan sesuai dengan pos masing-masing," kata Syahbana, Rabu (19/7/2017).

Menurut Syahbana perencanaan itu ada di dinas, sementara DPRD hanya melihat skala prioritas terkait anggaran yang diberikan. Dinas teknis, eksekutor, eksekutif jika sudah tidak mampu menyerap anggaran yang sudah diketok perlu dipertanyakan kemampuan realisasinya.

Syahbana mengatakan, juga perlu ditekankan pada pemanfaatan anggaran bagi kepentingan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Sehingga, dia menyarankan pemkab perlu mengambil kebijakan untuk mengarahkan lebih banyak porsi anggaran ke sektor yang nyata. Yakni, yang memiliki asas pengelolaan anggaran berbasis masyarakat dengan cakupan lebih luas.

Misalnya pada sektor yang masih perlu peningkatan dengan dukungan anggaran lebih seperti pendidikan, kesehatan, terutama bagi masyarakat pelosok.

"Memasuki semester II hendaknya SOPD yang tidak mampu menyerap sesuai target itu dilakukan evaluasi untuk perbaikan. Sebab masih ada waktu lebih 5 bulan untuk memaksimalkan serapan khususnya pada instansi yang dinilai masih lemah serapan anggarannya. Bukan hanya memaksimalkan daya serap tapi juga asas pemanfaatannya," pungkas Syahbana. (NACO/B-11)

Berita Terbaru