Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Selayar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Empat Kabupaten Berstatus Tanggap Darurat

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 20 Juli 2017 - 18:58 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Empat dari total 14 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) telah berstatus tanggap darurat banjir. Status itu dikeluarkan lantaran empat daerah tersebut sedang dilanda banjir akibat luapan air sungai.

Empat kabupaten tersebut yakni Katingan, Gunung Mas, Kapuas, dan Barito Utara. Keempat daerah itu berada ditiga daerah aliran sungai (DAS), yakni Sungai Kahayan, Sungai Katingan, dan Sungai Barito.

"Empat kabupaten itu yang menetapkan status tanggap darurat. Yang lainnya belum dan ada juga daerah yang sudah mulai surut," ungkap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalteng R Syahril Tarigan seusai mengikuti Rapat Paripurna di gedung DPRD Kalteng, Kamis (20/7/2017) .

Lalu bagaimana dengan daerah yang lain Syahril mengatakan beberapa daerah tetap berstatus siaga. Antara lain Kotawaringin Timur (Kotim), Barito Selatan (Barsel), dan Murung Raya (Mura). Ada pula yang sudah banjir tetapi belum memutuskan statusnya menjadi siaga.

"Di Kabupaten Mura sudah surut, status siaga. Di Lamandau banjir, tapi belum menetapkan status. Di Pulang Pisau siaga, mau menetapkan status tanggap tapi belum. Lalu di Kotim sama Barsel juga status siaga," sebut dia. (ROZIQIN/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru