Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Potensi Pelabuhan Sangat Menjanjikan

  • Oleh Naco
  • 21 Juli 2017 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Potensi pelabuhan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sangat menjanjikan, bahkan di sektor tersebut bisa menjadi peluang besar untuk pendapatan asli daerah (PAD).

Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Muhammad Shaleh mengakui potensi pelabuhanan sangat besar salah satunya dengan pembentukan badan usaha kepelabuhanan.

Jadi sangat tepat menurut Shaleh jika Pemerintah Daerah mengembangkan sektor tersebut. Karenaa jika dimanfaatkan secara maksimal mampu mendongkrak PAD.

"Kalau sejauh ini potensi untuk memanfaatkan sektor pelabuhan di Kotim ini belum pernah ada terobosan selain diserahkan kepada pihak pelabuhan Indonesia (Pelindo). Padahal, Payung hukum tentang kepelabuhan sudah ada yakni Perda BUMD tentang kepelabuhanan," kata Shaleh, Jumat (21/7/2017).

Selama ini menurut politisi PAN ini kontribusi sektor pelabuhanan bagi PAD di Kabupaten Kotim sangat kecil. Bahkan keberadaan pelabuhan baik itu tersus swasta hampir tidak ada sama sekali kontribusinya untuk daerah.

Harusnya menurut Shaleh Tersus maupun TUKS yang menjamur di Kotim bisa berkontribusi namun faktanya tidak ada hasil apa-apa bagi daerah.

Sementara fasilitas seperti infrastruktur jalan yang dibuat melalui dana APBD dinikmati oleh usaha di sektor tersebut, kondisi semacam ini yang sangat dia sayangkan,.

"Dari itu kita sepakat dan mendukung jika daerah benar-benar serius mengelola sektor pelabuhan ini, agar terkelola dengan baik, demi mendukung kemajuan pembangunan di daerah," pungkasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru