Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Beli Karet di Kuala Kurun Hanya Rp5 Ribu

  • 22 Juli 2017 - 11:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Saat ini harga beli karet dari petani di Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas (Gumas), sangat murah. Hal tersebut dikeluhkan oleh para petani karet di kabupaten bermoto bumi habangkalan penyang karuhei tatau. Terlebih, saat ini harga berbagai kebutuhan pokok terus melonjak. "Memang, saat ini kami membeli karet dari petani di wilayah Kuala Kurun, hanya dengan harga Rp5.000 per kilogram," kata Mardi (35) pembeli karet saat ditemui Borneonews, Sabtu (22/7/2017).

Menurut dia, murahnya pembelian karet dari petani bukan tanpa alasan. Pasalnya, harga jual ke pabrik karet di Palangka Raya juga sangat murah. Terkait hal itu, para pembeli juga tidak berani membeli karet dengan harga yang mahal dari petani. Hal tersebut untuk menghindari kerugian. "Harga beli dari petani kami sesuaikan dengan harga jual ke pabrik. Hal itu supaya kami tidak rugi," cetus Mardi.

Salah seorang petani karet, Wanti menuturkan, harga karet yang murah menyebabkan penghasilan mereka sebagai petani karet sangat sedikit. Hal tersebut harus menjadi perhatian pemerinyqh, baik pemerintah daerah mau pun pemerintah pusat. (EPRA SENTOSA/B-8).

Berita Terbaru