Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadisdik Kalteng Tidak Mau Spekulasi Terkait Banyak Gedung Sekolah yang terbakar

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 22 Juli 2017 - 22:04 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Beragam spekulasi 'liar' disejumlah grup dan media sosial terkait beruntunnya kejadian kebakaran gedung sekolah dasar (SD) di Kota Palangka Raya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Slamet Winaryo tidak ingin hanyut dalam spekulasi mengenai peristiwa itu dibakar atau terbakar.

Slamet lebih mengungkap ke persoalan teknis dan fakta menarik 'kejutan anggaran' untuk pendidikan dewasa ini. Bukan pada tataran asumsi dan dugaan dibalik kejadian kebakaran yang dugaan sementara akibat korsleting listrik.

Kata Slamet bangunan SD selama ini kerap dipandang sebagai bangunan sederhana, lalu karena bangunan sederhana maka kabel yang dipasang juga ukuran kecil.

Sementara sekarang ini, SD menjadi sekolah binaan yang mendapat suplai anggaran atau fasilitas yang besar. Dengan demikian beban besar, fasilitas yang besar tentu akan memerlukan daya besar pula.

Sayangnya 'kejutan' anggaran besar ini tidak diiimbangi dengan 'kejutan' perubahan instalasi listrik agar antara beban dan suplai daya memadai.

'Saya lebih melihat sisi teknis konstruksi bangunan SD yang relatif sederhana dan lisrik daya kecil pada umumnya, sehingga kabel yang dipasang juga kecil. Sekarang ini SD menjadi binaan dan denan fasilitas besar, sehingga daya listrik yang diperlukan besar. Tetapi tidak diikuti degan perubahan jaringan listrik, itu yang sering terjadi,' ungkap doktor pendidikan ini kepada Borneonews.co.id, Sabtu (22/7/2017).

'Kalau bicara non teknis, bisa saja semua asumsi akan terjadi. Jadi menurut saya belum bisa dipastikan (kalau berangkat dari asumsi,'imbuhnya.

Diberitakan, akhir-akhir ini sering terjadi kebakaran. Dalam semalam kemarin, tidak kurang dari 15 jam, ada empat sekolah dasar negeri (SDN) terbakar di Kota Palangka Raya.

Beberapa daerah juga mengalami hal serupa, seperti terjadi di Kabupaten Barito Utara sebuah gedung SMP terbakar belum lama ini. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru