Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Gunung Mas Berharap Harga Karet Bisa di Atas Rp10 Ribu Per Kilogram

  • 23 Juli 2017 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Petani di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) berharap harga jual karet meningkat. Bahkan, kalau bisa tembus di atas Rp10 ribu per kilogram. Dengan demikian perekonomian para petani karet bisa lebih baik.

"Di Kabupaten Gunung Mas ini banyak masyarakat yang memiliki kebun karet. Jadi, bila harga karet mahal tentu akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat," ujar Dagau, 49, petani karet di Kuala Kurun kepada Borneonews, Minggu (23/7/2017).

Patani lainnya, Siwan Tuah, 38, mengatakan, bila harga karet di atas Rp10 ribu, penghasilan para petani akan lebih baik. Dengan demikian membuka peluang usaha masyarakat di kabupaten bermoto Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini.

"Saat ini harga karet hanya Rp5.000 per kilogram. Kami harapkan harga karet bisa naik seperti awal tahun lalu, minimal Rp10 ribu bahkan lebih," harap dia.

Siwan turut meminta Pemkab Gumas maupun pemerintah pusat memperhatikan nasib para petani karet. Dengan cara menaikan harga karet yang sudah menjadi usaha sebagian masyarakat di Kabupaten Gumas. (EPRA SENTOSA/B-3)

Berita Terbaru