Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Palangka Raya: Keamanan Lingkungan Tanggungjawab Bersama

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Juli 2017 - 20:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Keamanan di lingkungan masing-masing merupakan tanggung jawab warga Kota Palangka Raya, tidak bisa diserahkan semuanya kepada aparat penegak hukum.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto saat memberikan arahan kepada camat, lurah, RW/RT, kepala satuan pendidikan, se Kota Palangka Raya pasca kebakaran beruntun, di Gedung Palampang Tarung Palangka Raya, Minggu (23/7/2017).

"Jadi kemarin kami sudah rapat duluan dan memutuskan kalau bisa semuanya turut hadir. Baik itu Camat, Lurah, RT/RW, turut serta untuk ikut hadir pada hari ini. Karena kondisi ini, kita sebagai warga, khususnya warga Kota Palangka Raya kita harus bersatu padu, paling tidak optimalkan kembali untuk menjaga lingkungan kita bersama," kata Sigit.

Pertemuan itu memang diadakan pascakebakaran beruntun pada beberapa sekolah belakangan ini. Anehnya, musibah kebakaran ini hanya terjadi pada bangunan sekolah dasar.

Pada awal bulan Juli lalu, Selasa (4/7/2017) sebuah Sekolah Dasar (SD) yang berada tepat di seberang kantor Polda Kalimantan Tengah terbakar. Saat itu masyarakat hanya menyatakan keprihatinannya dan meminta pemerintah untuk membangun kembali sekolah tersebut. Itu adalah SDN 1 Palangka.

Namun, keprihatinan masyarakat berubah menjadi rasa was-was dan curiga setelah dua SD kembali terbakar pada waktu yang hampir berdekatan. Pada Jumat (21/7/2017) sekitar pukul 13.40 WIB masyarakat dikejutkan dengan terbakarnya salah satu sekolah rujukan di Palangka Raya yakni SDN 4 Menteng, tak berselang lama, pukul 14.20 kebakaran kembali terjadi di SDN 4 Langkai.

Hampir tidak sempat menghela nafas, personel Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya segera ke lokasi dan memadamkan kebakaran di sana.

Kebakaran pada dua SD ini sudah memicu tanda tanya, apakah ada unsur kesengajaan. Namun, tanya tanya kian diperkuat dengan kembali terbakarnya SDN 1 Langkai pada Sabtu dini hari Sabtu (22/7/2017) dan berlanjut pada pukul 05.00 WIB kembali terjadi kebakaran pada SDN 5 Langkai. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru