Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jembrana Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Politisi PDIP Ini Dukung Pembubaran Ormas yang Menentang Ideologi Pancasila

  • Oleh Testi Priscilla
  • 24 Juli 2017 - 13:18 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto mendukung terhadap pembubaran organisasi masyarakat (Ormas) yang menentang ideologi Pancasila oleh pemerintah. Hal ini terkait langkah yang diambil oleh pemerintah pusat dalam membubarkan ormas Hizbut Tahir Indonesia (HTI) di seluruh Indonesia.

"Segala bentuk kegiatan yang bertentangan dan bertolak belakang dengan Pancasila dan ideologi bangsa Indonesia memang harusnya dibubarkan. Perlu diingat bahwa kita bukannya anti terhadap ormas, tapi kalau ormasnya bertentangan dengan ideologi negara sudah jelas dan wajib dibubarkan," ungkap Sigit, Senin (24/7/2017).

Politisi PDI Perjuangan ini mengungkapkan bahwa jika sebuah ormas didirikan dengan arah mengganti sebuah ideologi bangsa, itu sudah jelas akan makar, dan ini wajib dilarang dan dibubarkan. Bahkan tidak hanya HTI, tapi semua organisasi masyarakat yang sekiranya bertolak belakangan dengan Ideologi bangsa, wajib hukumnya untuk dibubarkan.

"Banyak pangajuan ormas dengan berbadan hukum, tetapi dalam prakteknya menyimpang jauh sekali. Sekarang kalau penyimpangan tersebut sudah terlampau jauh dan arahnya akan menggantikan sebuah institusi atau ideologi negara, bubarkan saja," tegasnya.

Meski mungkin nantinya aka nada perlawanan, tapi pihaknya tidak mempermasalahkan karena Indonesia adalah negara hukum. Semua memiliki prosedur, jika melanggar, berarti melawan hukum dan itu pasti ada konsekuensi hukumnya juga.

"Negara tidak akan gentar, Polri dan TNI tentu akan berada di garis depan membela negara," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru