Aplikasi Kawal Pilkada dan Manajemen Relawan

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Diminta Awasi Kinerja Pengembang Perumahan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 24 Juli 2017 - 13:54 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya diminta untuk mengawasi kinerja pengembangan perumahan.

Permintaan ini datang dari Mohamad Yusran, Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya lantaran melihat akibat dari buruknya sistem drainase dan lambatnya resapan air ke dalam tanah selama ini di lingkungan Kota Palangka Raya.

Kondisi ini mengakibatkan sebagian wilayah permukiman pendudukan maupun jalan protokol Kota Palangka Raya menjadi sering mengalami banjir ketika hujan deras turun.

"Kondisi ini tentunya turut dirasakan warga di pemukiman, akibat hujan deras dan tersumbatnya drainase, rumah warga ikut kemasukan air. Oleh sebab itu dewan meminta kepada Pemko agar secara intens melakukan pengawasan terhadap para pengembang perumahan (developer). Jangan-jangan ada yang tidak memenuhi aturan dengan tidak membuat sistem atau saluran drainase dengan benar atau bahkan tidak ada membuat sama sekali," ungkap Yusran, Senin (24/7/2017).

Menurut Yusran, di permukiman penduduk saat ini sering terjadi banjir. Apalagi akhir-akhir ini nampaknya debit air sungai Kahayan dan Sungai Rungan semakin naik. Dikhawatirkan banjir bukan hanya terjadi di daerah pemukiman dataran rendah atau pinggir sungai seperti yang sudah-sudah tetapi juga merembet ke pemukiman tengah kota.

"Kepada pengembang perumahan jangan sampai menambah masalah masyarakat lagi, akibat tidak membuat drainase, atau drainase yang ada justru tertutup pembangunan," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru