Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Saber Pungli Selidiki Aktor Pungli di Disdukcapil Pulang Pisau

  • Oleh James Donny
  • 24 Juli 2017 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau- Hingga saat ini Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Pungli) Kabupaten Pulang Pisau masih belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait dengan hasil penggeladahan dan penyelidikan terkait dengan dugaan pungli dalam layanan di Kantor Disdukcapil tersebut. "Saya masih belum bisa komentar, dan ini masih penyelidikan," kata Kasat Reskrim Polres Pulang Pisau, AKP Edia Sutaata, Senin (24/7/2017).

Edia mengatakan pihaknya masih mengumpulkan keterangan terkait dengan hal yang dilakukan di kantor Disukcapil tersebut. Demikian terkait oknum yang terlibat dalam pungli tersebut, Edia masih enggan mengeluarkan komentar. "Seperti yang anda lihat, kita sedang lakukan proses penyelidikan," katanya kepada wartawan.

Penggeladahan yang dilakukan sekita pukul 09.00 WIB tersebut berakhir hingga pukul 12.30 WIB. Saat keluar dari kantor Disdukcapil, para penyidik dari Tim Saber membawa sejumlah berkas. Terlihat juga pihak Tim Saber membawa serta Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk di Disdukcapil. Sementara pelayanan kependudukan sempat tertunda karena proses tersebut.

Terkait hal tersebut Kepala Disdukcapil Subagijo mengatakan menyerahkan persoalan tersebut sepenuhnya melalui prosedur hukum lebih lanjut. "Yang pasti sudah jelas bahwa dalam pelayanan pengurusan kependudukan itu tanpa biaya, jika sudah seperti ini, biarlah proses hukum yang berjalan dan kita akan tetap kooperatif," kata Subagijo.

Persoalan dugaan pungli yang terjadi di Disdukcapil ditenggarai sudah lama terjadi. Bahkan masyarakat mengeluhakan proses birokrasi di dinas tersebut yang dianggap dimanfaatkan oleh oknum yang ada di kantor itu. (JAMES DONNY/B-8)

Berita Terbaru