Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tujuan Dilaksanakan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan

  • Oleh Ramadani
  • 24 Juli 2017 - 18:42 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) menggelar Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan (FBIMBT) 2017.

Kepala Disbudparpora Barito Utara Arbaidi mengatakan, tujuan diselenggarakannya FBIMBT ialah untuk memeriahkan sekaligus memperingati hari jadi Kabupaten Barut yang ke-67.

Selain itu, untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya tradisional yang ada di Kabupaten Barito Utara, menumbuh dan memlihara rasa persaudaraan dan persatuan di antara peserta, menyamakan persepsi dan pemahaman tentang perlunya upaya menjaga dan melestarikan seni budaya tradisional di masyarakat, serta menjaring atlet olahraga tradisional dan seniman terbaik untuk dikirim mengikuti Festival Budaya Isen Mulang tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Disampaikannya bahwa FBIMBT diikuti peserta yang merupakan perwakilan dari kecamatan dan umum. Kegiatan berlangsung 23-25 Juli 2017  di Arena Terbuka Tiara Batara, Lapangan Hijau, bantaran Sungai Barito, serta halaman Disbudparpora.

Jenis perlombaan pada FBIMBT 2017 yakni tari pedalaman dan pesisir, lomba solo vokal lagu daerah Barito Utara kategori putra dan putri, lomba solo vokal lagu karungut kategori putra dan putri, balogo, bagasing, manyipet kategori putra dan putri, mangaruhi, basei kambe hakalawan kategori putra dan putri, jukung tradisonal kategori putra dan putri, sepak sawut, meneweng, manetek, dan fotografi.

Arbidi berharap, FBIMBT 2017 berjalan lancar dan para pemenang nantinya benar-benar memiliki potensi sebab akan mewakili Kabupaten Barito Utara pada Festival Budaya Isen Mulang tingkat Kalteng. (RAMADHANI/B-3)

Berita Terbaru