Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yalimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Minimnya Jumlah Guru di Barito Utara Jadi Sorotan Anggota Dewan

  • Oleh Ramadani
  • 24 Juli 2017 - 21:48 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Minimnya jumlah guru atau tenaga pengajar di Kabupaten Barito Utara menjadi perhatian jajaran DPRD.

Anggota DPRD Barito Utara Taufik Nugraha mengatakan, minimnya jumlah guru menyebabkan sejumlah sekolah kekurangan tenaga pengajar. Terutama sekolah di daerah perdesaan dan pedalaman.

"Untuk itu, dewan berencana memanggil pejabat Dinas Pendidikan sekaligus meminta data guru-guru yang pindah," ucap Taufik kepada Borneonews, Senin (24/7/2017).

Disampaikannya bahwa keinginan guru di perdesaan atau pedalaman untuk pindah mengajar ke kota sangat banyak. Hal itu perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah kabupaten.

Diharapkan, pemerintah kabupaten, khususnya Dinas Pendidikan, harus lebih teliti dan selektif menerima saran pindah dari para guru. Sehingga tidak ada kekosongan guru di sekolah perdesaan dan pedalaman yang dikeluhkan masyarakat.

"Karena pendidikan merupakan salah satu bidang yang menjadi pondasi bagi masyarakat dalam mendukung sektor-sektor kehidupan. Untuk itu, Dinas Pendidikan perlu lebih selektif lagi dalam menerima saran pindah dari guru--guru. Shingga mutu pendidikan bisa merata dan terlayani dengan baik di seluruh wilayah."

Anggota Komisi I DPRD Barito Utara itu menyarankan agar pemerintah kabupaten lebih memperhatikan nasib guru, khususnya tenaga pengajar di perdesaan dan pedalaman. Sehingga mereka bisa betah.

"Pemerintah kabupaten hendaknya terus berbenah untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Barito Utara. Salah satunya yakni membenahi sumber daya manusia para pahlawan tanpa tanda jasa ini. Karena di tengah tuntutan zaman, mereka dituntut untuk terus maju dan berkembang dalam mengimbangi pengetahuan anak didik, juga harus kreatif dan inovatif agar menghasilkan anak yang cerdas dan pintar," tutup Taufik. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru