Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perempuan Anak Seorang Penjahit yang Kini Menjadi Sersan Taruna Akmil Pertama asal Kotim

  • Oleh Noor Annisa
  • 24 Juli 2017 - 20:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Rizki Aulia Syachwani dulunya bercita-cita mengenyam pendidikan di akademi militer (Akmil). Siapa sangka, cita-cita berhasil diraihnya saat ini. Putri kedua pasangan Iqbal Syachwani dan Chorida itu kini tengah mengenyam pendidikan di Akmil dengan pangkat sersan taruna.

Tak ada garis keluarga Rizky Aulia Syachwani dari kalangan militer. Ayahnya hanya seorang pegawai negeri sipil di Dispora Kotim, lalu ibunya menggali rezeki dari usahanya sebagai penjahit. Sementara kakeknya, tokoh jurnalis senior di Kotim, yakni Anang Syachwani.

Perempuan kelahiran 26 Juni 1996 itu pun berbagi cerita dan menyosialisasikan tentang Akademi Militer yang kini ditempuhnya ke Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Sampit, Selasa (24/7/2017).

Sosialisasi yang dilakukannya dalam rangka mengenalkan kepada putra-putri daerah yang masih duduk di bangku sekolah tentang dunia kemiliteran. Dan tata cara memasuki akademi militer tersebut.

"Saya di sini untuk mencari generasi taruna akmil untuk menjadi prajurit Bangsa Indonesia," katanya, usai memberikan sosialisasi di SMAN 1 Sampit.

Selain mengenalkan apa itu akademi militer dan cara untuk mengenyam pendidikan di sana, dia juga bercerita tentang kegiatan sehari-harinya sebagai Taruna Akmil yang terarah, sejak bangun pagi hingga tidur malam hari.

Dia mengatakan, paradigma atau anggapan sulitnya masuk Akmil tidaklah benar. Menurutnya, setiap orang berhak dan mempunyai kesempatan masuk Akmil seperti dirinya.

"Setiap orang berpeluang, contohnya saya. Isu ini itu tidak benar, karena saya mengikuti tes secara murni sesuai kemampuan sendiri," imbuhnya.

Lebih lanjut, dia mengimbau generasi muda untuk bergabung menjadi taruna baru. Agar memiliki masa depan yang baik dengan terjaminnya kehidupan yang layak sebagai Taruna Akmil. (NOOR ANNISA/B-11)

Berita Terbaru