Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Badung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengelolaan Kerasipan di Barito Selatan Memprihatinkan

  • Oleh Uriutu
  • 25 Juli 2017 - 13:56 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Pengelolaan kearsipan di Kabupaten Barito Selatan masih memprihatinkan. Kondisi ini diungkapkan Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri saat sosialisasi penyuluhan kerasipan, Selasa (25/7/2017).

Eddy mengatakan dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 menjelaskan bahwa arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara.

Namun kondisi saat ini kerasipan masih dianggap sesuatu yang kurang penting, kurang diminati, bahkan banyak masyarakat, termasuk pemangku kepentingan yang tidak peduli.

Faktor lainnya saat ini sudut pandang bahwa arsip masih merupakan 'hasil sampingan' bagi kegiatan adminitrasi. Akibatnya banyak tumpukan-tumpukan arsip yang bercampur dengan lembaran tidak berguna memenuhi ruang kerja.

'Jika ini dibiarkan, arsip-arsip tersebut akan menumpuk. Namun tanpa tahu bagaimana penanganannya buat arti penting arsip sebagai jejak sejarah atau nilai historis,' tandasnya.

Dia menambahkan melalui sosialisasi ini merupakan salah satu upaya pemerintah meningkatkan kapasitas pengetahuan aparatur untuk mewujudkan pemerintah yang baik dan benar. (URIUTU DJAPER/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru