Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Arsip Salah Satu Simpul Pemersatu Bangsa

  • Oleh Uriutu
  • 25 Juli 2017 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Arsip merupakan salah satu simpul pemersatu bangsa. Penilaian ini diungkapkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Kabupaten Barito Selatan, Agus Taruna seusai sosialisasi kearsipan, Selasa (24/7/2017).

'Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 43 tahun 2009 yakni manfaat arsip salah satunya sebagai simpul pemersatu bangsa,' jelasnya.

Dia mengatakan selain itu juga sebagai bukti pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan bersumber dari APBN maupun APBD, mengingat arsip sebagai penunjang kelancaran pelaksanaan tugas pokok bagi pimpinan.

Dia mengakui kondisi arsip saat ini masih dianggap sesuatu yang kurang penting, kurang diminati bahkan banyak yang tidak peduli. Sementara sesuai UU No 43 Tahun 2009 bahwa arsip sangat penting.

Padahal arsip merupakan klasifikasi atau mengelompokan penataan arsip secara sistematis dan efektif. Hal itu agar memudahkan menemukan kembali data atau informasi penting dengan tepat dan tepat.

'Kita melaksanakan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan kepada pejabat pengelola kearsipan,' ucapnya. Hal ini dalam rangka menyimpan, memelihara dan menyelamatkan arsip dari lembaga atau badan, swasta dan perorangan, sebagi bukti pertanggungjawaban tentang perencanaan, pelaksanaan dan penyelenggaraan. (URIUTU DJAPER/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru