Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelengkapan Upaya Kesehatan Sekolah 50 Persen Belum Memadai

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Juli 2017 - 14:54 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dokter Dewi Rama Dewa, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya mengakui bahwa kelengkapan sarana dan prasarana upaya kesehatan sekolah (UKS) bagi sekolah-sekolah masih berada pada kisaran 50 persen.

"Kondisi UKS kita kira-kira 50 persen sudah berjalan baik, dengan kondisi yang baik sarananya, tapi 50 persennya lagi masih belum baik sarananya tapi sudah berjalan," ungkap dr Dewi, Selasa (25/7/2017).

Selama ini kendala pemenuhan sarana dan prasarana UKS pada sekolah-sekolah tentu saja yang pertama terkait dana.

"Kita terganjal dana ya untuk pemenuhan sarana dan prasarananya. Selain itu kendala kedua kita ialah kita belum banyak melatih guru sekolah itu untuk pelaksanaan bidang UKS ini," terangnya.

Kendala inilah yang kemudian menghambat meningkatnya kelengkapan dan kualitas sarana dan prasarana serta aktivitas bidang UKS.

"UKS ini maksudnya bidang di sekolah ya, bukan UKS yang ekstrakulikuler ini. Makanya memang itu menjadi PR buat kami jadi kami berharap nanti juga ada dukungan baik itu secara moril maupun finansial anggarannya untuk kita melaksanakan program UKS ini dengan optimal," tambahnya.

Hal ini menurutnya memang membutuhkan dukungan dari semua pihak karena seperti diketahui pemerintah mengalami keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan UKS pada seluruh sekolah di Kota Cantik Palangka Raya ini. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru