Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Mataram Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pendidikan Palangka Raya Tidak Pernah Terima Data Anak Sakit di Sekolah

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Juli 2017 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Koordinasi lintas instansi sudah seharusnya terjalin. Terlebih bagi instansi yang menangani bidang terkait. Seperti antara Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan. Namun faktanya saat ini belum terjalin koordinasi yang baik antar dua instansi tersebut.

"Kita tidak pernah menerima data anak yang sakit di sekolah. Sebab dari Dinas kesehatan belum ada menyatakan ada yang sakit, misalnya DBD (demam berdarah dengue)," kata Kasi Pembinaan PAUD dan Formal pada Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Armin kepada Borneonews, Selasa (25/7/2017).

Meski demikian, Armin mengaku mendapat undangan dan informasi dari Dinas Kesehatan setiap kali ada kegiatan bidang kesehatan di sekolah.

"Ya kalau udangan ada, dan selalu ada yang menghadiri. Kalau kepala dinas tidak bisa hadir pasti akan diwakili oleh yang lain. Cuma kalau informasi data anak sakit, itu yang tidak ada dan memang sepertinya dari Dinas Kesehatan tidak menyediakan data untuk Dinas Pendidikan. Padahal kalau bisa ada datanya tentu akan bermanfaat juga," sebut dia.

Bila ada data valid terkait anak sakit di sekolah atau setelah dari sekolah, Armin mengatakan selayaknya akan ada tindakan dari Dinas Pendidikan untuk menindaklanjutinya.

"Misalnya sering ada kejadian anak terserempet di sekolah atau ada anak jatuh, tentu kita akan mendorong sekolah lebih aktif menyediakan kotak P3K untuk pertolongan pertama pada anak, sebelum memang dibawa ke puskesmas. Jadi saya rasa data itu perlu sebenarnya karena sekolah-sekolah di lingkup kewenangan Dinas Pendidikan," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru