Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkayang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bapenda Kotim Harus Genjot Dana Bagi Hasil Dari Provinsi

  • Oleh Naco
  • 26 Juli 2017 - 11:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kotawaringin Timur diminta menggenjot dana bagi hasil (DBH) dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, karena DBH 2016 masih terutang Rp9 miliar.

"Bapenda harus koordinasi dengan Samsat Kotim bagaimana dengan DBH pajak kendaraan bermotor, karena provinsi masih terutang dengan kita," kata Ketua Komisi I DPRD Kotim, Handoyo J Wibowo, Rabu (26/7/2017).

Selain itu Pemprov Kalteng juga masih belum memberikan DBH untuk 2017. "Kalau pada 2016 DBH ada sekitar Rp60 miliar, sebagian besar sudah diserahkan, namun masih tersisa Rp9 miliar," ucapnya.

Politisi Demokrat ini meminta Bapenda pro aktif agar DBH itu disegera dikucurkan kepada daerah agar bisa digunakan untuk mendukung peningkatan pembangunan.

Di Kotim menurut Handoyo pendapatan disektor pajak kendaraan bermotor sangat besar, bahkan terbesar di lingkup Kalimantan Tengah jika dibandingkan daerah lain.

Dari itu Handoyo meminta agar Bapenda menanyakan hal tersebut ke provinsi apa yang menjadi kendala sehingga belum juga di kucurkan.

"Kami berharap yang tersisa 2016 tadi dibayar sekaligus dengan tahun ini, sekarang sudah mau memasuki bulan Agustus secepatnya harus dikucurkan," tegasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru