Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes akan Gandeng Pihak Lain Jalankan Program Upaya Kesehatan Sekolah

  • Oleh Testi Priscilla
  • 26 Juli 2017 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya memiliki program yang berhubungan dengan sekolah. Salah satunya program upaya kesehatan sekolah (UKS). Program ini langsung melibatkan guru dan anak didik.

"Tapi kita mengalami keterbatasan anggaran. Kami tidak hanya mengurus program UKS, tapi program lain yang berkaitan dengan kesehatan. Karenanya mungkin ke depan kami juga akan menggandeng BPJS Kesehatan untuk program UKS ini," ungkap dr Dewi Rama Dewa, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Kota Palangka Raya, Rabu (26/7/2017).

Menurutnya, bukan sebelum ini Dinkes tidak pernah melibatkan BPJS Kesehatan, tapi sebelumnya saat Dinkes menggandeng BPJS Kesehatan lebih banyak kepada program kesehatan masyarakat umum.

"Kalau untuk UKS sendiri, belum. Kemarin ada terakhir BPJS Kesehatan memberi bantuan kepada SDN 5 Menteng dalam rangka HUT BPJS Kesehatan dan itu sangat membantu. Karena SDN 5 Menteng itu aktif sekali dalam kegiatan UKS namun terbatas dalam sarana dan prasarana," tegasnya.

Karena itu pihaknya berharap BPJS Kesehatan juga akan dapat membantu sekolah-sekolah lain yang masih minim fasilitas. Tak lupa pihaknya juga meminta perhatian pihak lain untuk meniru apa yang telah dilakukan BPJS.

"Mungkin dunia perbankan nanti akan kita gandeng juga. Kalau ada pihak swasta mau bantu tidak masalah. Kita akan menjembatani bantuan itu agar tepat sasaran," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru