Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Delapan Kecamatan di Katingan Rawan Kebakaran Hutan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 26 Juli 2017 - 17:24 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sebanyak delapan dari 13 kecamatan di Kabupaten Katingan dinilai rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) musim kemarau tahun 2017 ini.

Itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Icing kepada borneonews.co.id, Rabu (26/7/2017).

Ke delapan kecamatan itu, yakni Katingan Tengah, Pulau Malan, Tewang Sanggalang Garing (TSG) dan Katingan Hilir. Kemudian,  Tasik Payawan, Kamipang, Mendawai, dan Katingan Kuala.

Icing mengaku jika sebagian besar lahan di wilayah kecamatan tersebut adalah lahan bergambut, mulai dari gambut tipis hingga tebal.

Sedangkan lima wilayah kecamatan lainnya, yang berada di bagian hulu, yakni Sanaman Mantikei, Marikit, Katingan Hulu, Petak Malai dan Kecamatan Bukit Raya sejauh ini aman dari bencana karhutla itu.

Sebab sebagian besar topografi tanah di bagian hulu, itu terdiri dari tanah podsolik merah kuning. Meski ada sebagian tanah bergambut namun jumlahnya minim. "Hampir setiap musim kemarau daerah hulu itu aman dari bencana karhutla," imbuh Icing. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru