Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peralatan Pemadam Karhutla di Katingan Minim

  • Oleh Abdul Gofur
  • 26 Juli 2017 - 18:14 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pemerintah Kabupaten Katingan telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Namun, hampir setiap musim kemarau, selalu saja ada hutan dan lahan di Katingan yang terbakar. Bahkan Taman Nasional Sebangau di Kecamatan Mendawai, tidak luput dari amukan api.

Sayangnya, hingga kini peralatan pemadam dan pendukungnya, termasuk mesin portable yang dimiliki Pemkab Katingan masih sangat minim.

"Di Kabupaten Katingan, mobil pemadan hanya ada tiga unit ditambah satu unit milik Dinias Kehutanan. Tapi kondisinya juga sudah tua dan peralatan pendukung yang lain juga sangat minim," sebut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Katingan, Icing, kepada Borneonews.co.id, Rabu (26/7/2017).

Pun demikian dengan BPBD Katingan, sejauh ini belum memiliki peralatan yang cukup canggih, terutama mobil rescue dan trail.

"Ya kalau lahan gambut saat musim kemarau sudah terbakar akan sangat sulit diatasi. Karena selain peralatan yang terbatas, juga karena kondisi medan yang kadang berada jauh dari jalan, sehingga selang air tidak sampai," katanya.

Icing mengaku, saat ini selain memasang spanduk dan baliho imbauan di sejumlah wilayah rawan karhutla, pihaknya juga mengadakan sosialisasi ke berbagai wilayah. "Menghadapi musim kemarau tahun ini kita memprioritaskan pencegahan," tutup Icing. (ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru