Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belitung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Masuk Berperan dalam Dunia Pendidikan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 27 Juli 2017 - 11:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kesehatan ternyata juga punya peranan penting dalam dunia pendidikan. Salah satunya melalui program Upaya Kesehatan Sekolah atau UKS. Melalui program ini Dinkes masuk untuk menerapkan dan mengajarkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada peserta didik.

"Pada dasarnya semua sekolah yang ada di kota Palangka Raya telah melaksanakan UKS, karena UKS itu adalah menerapkan trias (3) UKS yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, pembinaan lingkungan sekolah sehat," ungkap dr Dewi Rama Dewa, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya kepada Borneonews, Kamis (27/7/2017).

Pendidikan kesehatan, lanjut Dewi, misalnya dilakukan melalui pelajaran olahraga dan kesehatan. Sementara pelayanan kesehatan misalnya dilakukan dalam kegiatan penjaringan kesehatan anak sekolah yang setiap tahun dilakukan oleh petuga puskesmas.

"Lalu pembinaan lingkungan sekolah sehat misalnya diterapkan melalui kegiatan sismantik atau Siswa Pemantau Jentik dan PHBS pada anak. Jadi melalui program-program inilah Dinkes masuk ke dalam dunia pendidikan," jelasnya lagi.

Jadi saat ini UKS menurut Dewi bukan semata ruang pengobatan yang ada di lingkup sekolah dan dikelola oleh anak-anak ekstrakulikuler seperti biasanya. "Gurunya kita latih untuk menerapkan upaya kesehatan sekolah ini tidak hanya di ruang UKS seperti dulu tetapi benar-benar pelaksanaan program kesehatan pada trias UKS tersebut." (TESTI PRISCILLA/N).

Berita Terbaru