Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sragen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bicara pada Studi Agama-agama, Ini Ketua PWNU Kalteng

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 27 Juli 2017 - 15:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalimantan Tengah (Kalteng), Said Ahmad Fauzi Zain Bachsin berbicara pada seminar Studi Agama-agama di Palangka Raya, Rabu (26/7/2017).

Kegiatan ini diselenggarakan Kelompok Kerja (Pokja) Teologi Kontekstual Mission 21 Persekutuan Gereja di Indonesia (PGI).

Kegiatan seminar dan dialog ini melibatkan generasi muda (pemuda dan mahasiswa) lintas agama. Yang dibahas adalah tentang kasus-kasus kerusakan lingkungan. Lalu apa kata Ketua PWNU ini saat berbicara sesi pertama

Karena tema dialog adalah 'Indonesia rumah bersama: Komunitas agama dan tanggungjawab untuk keadilan ekologis di Kalimantan', Said Ahmad mengatakan sejatinya pembuat kerusakan di muka bumi ini adalah ulah manusia sendiri.

'Telah disinggung dalam Alquran,'Bimaa Kasabat Aidinnas' yang artinya adalah (kerusakan) karena ulah tangan manusia. Intinya manusia rakus, yang tidak berfikir kedepan,' urainya.

Padahal lanjutnya tugas manusia di bumi adalah sebagai pengatur, penjaga, pemelihara alam lingkungan sekitar, dari kerusakan-kerusakan. Namun yang terjadi banyak sebaliknya.

Dia juga bercerita banyak perkembangan fenomena beberapa tahun lalu mengenai kasus lingkungan di Kalteng. antara lain pada 1967 dan berlanjut era 70-an, sekitar 1972, 1977, itu kering atau kemarau berkepanjangan.

Sungai Kahayan dan Sungai Seruyan itu kedalamannya hanya sekitar 30 cm. Hal itu antara lain sebagai dampak berubahnya bentang alam akibat investasi perusahaan.

Seminar dan dialog tersebut akan berlangsung tiga hari, berakhir Jumat (26/7/2017). Pada hari pertama ini, kegiatan berakhir sekitar pukul 21.00 WIB. Selanjutnya peserta yang berasal perwakilan organisasi ini akan berlanjut hingga dua hari ke depan.  (ROZIKIN/B-6)

Berita Terbaru