Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

100 Desa di Sembilan Kecamatan Kotim ini Rawan Karhutla

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 28 Juli 2017 - 15:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebanyak sembilan dari 14 kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dinilai rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, Sutoyo mengatakan, di sembilan kecamatan itu ada 100 desa yang rawan terjadi karhutla. Sehingga, diperlukan penanganan serta pemantauan pada musim kemarau nantinya.

"Di sejumlah kecamatan tersebut memang rawan kebakaran, karena banyak terdapat lahan gambut," ujar Sutoyo.

Adapun sembilan kecamatan yakni Mentawa Baru Ketapang, Baamang. Kota Besi, Seranau, Telawang, Antang Kalang, Telaga Antang, Mentaya Hilir Selatan, dan Campaga Hulu.

Sebagai langkah antisipasi, BPBD kian gencar melakukan sosialisasi dan simulasi pencegahan karhutla di beberapa kecamatan tersebut. "Mudah-mudahan di kemarau tahun ini tidak terjadi karhutla. Sehingga Kotim bisa terbebas dari asap," ungkap Sutoyo.

Sementara, informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Giofisika (BMKG) Bandar Udara H Asan Sampit, untuk pada 2017 ini, diprediksi pada awal Agustus hingga seterusnya, intensitas hujan di Kotim sudah mulai berkurang. Sehingga pada masa inilah yang sangat rawan terjadi karhutla. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru