Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Poso Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polda Kalteng Raih Juara III Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

  • Oleh Budi Yulianto
  • 28 Juli 2017 - 16:12 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah meraih juara III dalam upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas dan fatalitas korban meninggal dunia.

Kakorlanas Polri, Irjend Pol Royke Lumowa pun memberikan penghargaan yang diterima oleh Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes M Taslim Chairuddin mewakili Kapolda Kalteng Brigadir Jenderal Anang Revandoko.

Proses penyerahan penghargaan bertepatan dengan acara Rapat Koordinasi Fungsi Tekhnis Lantas Tahap II Tahun 2017 di Gedung NTMC Polri, Jalan MT Haryono, Jakarta, Kamis (27/7/2017).

'Betul (juara III). Keberhasilan itu adalah buah dari kerjasama semua pihak. Dari internal, kepedulian bapak Kapolda Kalteng untuk turun langsung baik dalam memberikan instruksi atau arahan dan penekanan,' kata Taslim kepada Borneonews.co.id, Jumat (28/7/2017).

'Serta kerja keras anggota jajaran Polda Kalteng di lapangan dan keikutsertaan aktif masyarakat hingga kita dinilai sebagai peringkat ke 3 terbaik dalam upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas,' imbuhnya.

Dia menuturkan, salah satu keberhasilan itu yakni berkat evaluasi terkait kejadian kecelakaan lalu lintas pada Operasi Ramadniya 2016.

'Dimana kita tahu bahwa penyebabnya didominasi oleh pelaku pengemudi yang tidak tertib, mendahului dengan cara tidak benar, kecepatan tinggi pada ruas jalan bergelombang, mengemudi dalam keadaan mabuk dan lain sebagainya,' bebernya.

Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, pihaknya melakukan penggelaran kekuatan secara maksimal, khusus pada daerah rawan kecelakaan dengan mendirikan pos-pos dan pengamanan.

Kemudian, melakukan penjagaan dan patroli daerah rawan yang jauh dari jangkauan pos pam, program mudik gratis 'hayak bulik' untuk mengurangi penggunaan sepeda motor dalam arus mudik.

Tidak hanya itu, juga tidak lepas dari peran serta instansi terkait seperti TNI, Dishub, pramuka, dinas kesehatan dan lain-lain dalam membackup personel Polri yang memang masih kurang. Termasuk kesadaran masyarakat yang sudah lebih baik dari pada tahun sebelumya.

'Tetapi hasil juara ketiga belum baik. Masih belum maksimal. Saya meyakini kita bisa menjadi yang terbaik apabila seluruh stakeholder sepakat untuk meningkatkan peran masing-masing,' ungkapnya.

'Harapan saya, kita tidak berbangga diri, tidak merasa puas karena itu bukan hasil terbaik. Kedepan harus bisa kita tingkatkan atau setidaknya dipertahankan. Bersama kita pasti bisa,' pungkas Dirlantas sembari menyampaikan terimakasih kepada semua pihak hingga meraih prestasi itu. (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru