Selasa, 21 November 2017
 

 
 

Wisata Kuliner

Beragam Camilan ini Bahan Bakunya Ikan Jelawat Lho!

 
 
Beragam Camilan berbahan dasar ikan jelawat yang dijual di toko oleh-oleh Kota Sampit.

Beragam Camilan berbahan dasar ikan jelawat yang dijual di toko oleh-oleh Kota Sampit.

Borneonews / Noor Annisa

BORNEONEWS, Sampit - Ikan Jelawat merupakan ikon Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). ikan dengan nama latin Leptobarbus hoevenii tersebut bisa diolah menjadi beragam camilan.

Kasi Pengembangan SDM Dinas Perikanan Kotim, Sekar Anggraesih mengatakan, dari kelompok pengolahan dan pemasaran hasil perikanan (poklahsar) yang dibentuk, banyak olahan ikan yang menggunakan bahan baku jelawat.

"Ada kerupuk, abon, bakso, nugget, stik, sambal, pilus. Kemudian ada juga brownies dan keripik dari kulit jelawat. Itu djual di toko oleh-oleh," sebutnya, di Sampit (28/7/2017).

Pemerintah setempat melakukan bermacam terobosan untuk membina Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kotim. Salah satunya program bantuan alat, ataupun pelatihan untuk mengembangkan potensi kulinernya.

Menurut Sekar, pihaknya merencanakan ada semacam tempat wisata ikan khusus jelawat, untuk menunjang Kotim sebagai Kota Tujuan Wisata 2017. "Pusat Kuliner jelawat, kawasan budidaya dan pemancingan ikan khusus jelawat. Semoga bisa terealisasi karena tergantung anggaran pemerintah,"tandasnya

Mereka masih terus berinovasi untuk olahan ikan, baik jelawat ataupun yang lainnya, yang bisa menunjang pembangunan Kotim menuju kota wisata. Serta memberikan peluang ekonomi kepada masyarakat dengan memanfaatkan ikon daerah dan keberagaman ikan lainnya.

"Kita mendukung Kotim sebagai tujuan wisata, memberikan pembinaan dan pelatihan, menggalakkan olahan dari berbagai ikan khususnya khas Kotim. Selanjutnya kita merencanakan pelatihan membuat tepung ikan berbahan dasar dari tulangnya,"tutupnya. (NOOR ANNISA/B-11)

BERITA POPULER

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA
To Top