Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kaur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

3 Kecamatan di Kapuas Masuk Program PTSL

  • 28 Juli 2017 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kapuas menggelar sosialisasi program pengganti Prona yakni Program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) di tiga kecamatan yakni Kapuas TImur, Tamban Catur dan Bataguh. Ketiga kecamatan ini mendapatkan alokasi program 15 ribu PTSL gratis.

Hal itu disampaikan Kasi Pertanahan, BPN Kapuas Sabam Butarbutar kepada Borneonews di kantornya, Jumat (28/7/2017). "Program ini sama dengan prona namun ada PTLS ini sistem cakupan semua tanah, sedangkan prona Sistem sertifikat lompat-lompat pada satu bidang tanah," kata Sabam.

Sabam menjelaskan jika program PTLS semua lahan masyarakat dipetakan meskipun tidak disertifikatkan. Tidak seperti Prona yang melewati lahan-lahan yang tidak masuk sasaran program. "Untuk Kecamatan Kapuas Timur seluruh desa masuk, untuk Kecamatan Bataguh ada tiga desa dan satu kelurahan. Sedangkan Tamban Catur hanya dua desa saja," terang dia.

semua di petakan walau pun tidak diaertigikat,sedangkan program Prona sertufikat Sistemnya lompati sehingga data dipertanahan tidak terkafer secara keseluruhan.Untuk Kecanatan Kapuas Timur masuk seluruh desa,Kecanatan Batagu ada tiga desa 1 Kelurahan sedangkan Tamban Catur hanya dua desa saja.

"Kalau sistem prona penyertifikatanya terjadi lompatan pada bidang tanah, tetapi PTLS aemua tanah di data walau pun tidak sertifikasi dan tidak dipungut biaya," kata dia. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru