Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Cilegon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DAD Barut akan Gelar Ritual Nyanggar, Tuping Wayang, dan Tolak Bala

  • Oleh Ramadani
  • 28 Juli 2017 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Barito Utara (Barut) akan melaksanakan ritual adat Nyanggar, Tuping Wayang, dan Tolak Bala selama tiga hari yakni 29-31 Juli 2017 di Jalan H Koyem, Kelurahan Jingah, Kecamatan Teweh Tengah.

Menurut Sekretaris DAD Barut Hertin Kilat, kegiatan itu untuk melestarikan adat dan budaya tradisional Dayak sehingga melalui pelestarian adat dan budaya tradisional bisa tercipta suasana aman, damai, dan kondusif sebagai wujud nyata dalam kebhinekaan dalam eksitensi Negara Kesatuan Republik Indonesia'.

Menurut dia, hak adat adalah hak otonomi yang disebut dengan kata lain hak tradisional dan budaya masyarakat adat. kearifan tradisional yang bersifat lokal dengan daerahnya massing-masing merupakan salah satu warisan budaya dari leluhur turun-menurun.

"Kearifan lokal tradisional dan budaya tersebut sangat menguntungkan karena secara langsung maupun tidak langsung dalam hak menerima dan mengelola kekayaan hasanah bangsa, baik yang berwujud maupun tidak berwujud oleh masyarakat hukum adat. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru