Aplikasi Pilkada Serentak

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inilah Tujuan Dilaksanakan Ritual Nyanggar, Tuping Wayang, dan Tolak Bala

  • Oleh Ramadani
  • 28 Juli 2017 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Barito Utara (Barut) akan melaksanakan ritual adat Nyanggar, Tuping Wayang, dan Tolak Bala selama tiga hari yakni 29-31 Juli 2017 di Jalan H Koyem, Kelurahan Jingah, Kecamatan Teweh Tengah.

Menurut Sekretaris DAD Barito Utara Hertin Kilat, tujuan dilaksanakan kegiatan itu, pertama, membersihkan wilayah kabupaten ini dari malapetaka yang tidak diinginkan.

Kedua, memohon keselamatan, kesehatan kekuatan rohani dan jasmani untuk masyarakat Kabupaten Barito Utara. Ketiga, melalui acara ritual Nyanggar, Tuping Wayang dan Tolak Bala ini menyajikan sesajen kepad mahluk gaib agar tidak ada lagi gangguan oleh roh-roh jahat terhadap masyarakat adat dan pemerintah Kabupaten Barito Utara, terkait pembuatan jalan baru H Koyem dan pembukaan lahan untuk pebangunan Kabupaten Barito Utara.

Keempat, kegiatan ini juga tetap konsisten dan konsekuen dalam melestarkan budaya gotong royong demi Bhineka Tunggal Ika dan demi NKRI.

Dia mengharapkan kepada pemerintah daerah untuk dapat menuangkan kegiatan ritual adat ini ke dalam perda agar dapat dilaksanakan pada setiap tahunnya. "Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan contoh kepada masyarakat mengenai Kebhinekaan dengan nilai-nilao kepercayaan dan toleransi, dan diharpakn ritual iini dapat diteruskan kepada generasi penerus yakni anak dan cucu kita" pungkasnya, Jumat (28/7/2017). (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru