Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Binjai   Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Apel Kesiapsiagaan Pengendalian Karhutla di Kalteng Digelar

  • Oleh Budi Yulianto
  • 28 Juli 2017 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Apel kesiapsiagaan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalimantan Tengah digelar, Jumat (28/7/2017). Komandan Korem (Danrem) 102 Panju-Panjung Kolonel Arm M Naudi Nurdika memimpin apel yang berlangsung di Base Camp Pabrik Kelapa Sawit, PT Graha Inti Jaya (GIJ), Desa Manusup, Kabupaten Kapuas.

'Apel ini dilaksanakan selain untuk mengecek kesiapan personel dan materil secara nyata, juga sekaligus menjadi kesiapan kita apabila sewaktu-waktu digerakan,' kata Nurdika.

Danrem yang juga sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Karhulta Kalteng menuturkan, bencana alam kebakaran sering melanda beberapa provinsi di Indonesia. Yakni Riau, Jambi, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Pada 2016, lanjut dia, bencana alam itu terjadi penurunan significant dibanding 2015 yang berdampak besar bagi kehidupan masyarakat. Menurutnya, keberhasilan dalam menanggulangi karhutla di 2016 sebenarnya memiliki dua kunci yakni upaya pencegahan yang maksimal dan faktor cuaca yang mana tahun lalu itu terjadi kemarau basah.

Sedangkan di 2017, dia menyebut bahwa tahun ini terjadi musim kemarau normal. Oleh sebab itu, dia mengajak semua stakeholder untuk bersama-sama mencegah dan menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan. Sehingga kedepan, Kalteng bebas dari asap.

Dalam apel tersebut, sejumlah pejabat baik dari TNI, Polri, pemerintah dan perusahaan hadir. Danrem juga menyerahkan piagam penghargaan ke PT GIJ yang telah berpartisipasi dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan. (BUDI YULIANTO/B-5)

Berita Terbaru