Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Sula Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Minyak Sawit Bisa 'Sulap' Warna Kulit Indah Alami

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 29 Juli 2017 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Memasuki musim kemarau atau musim panas, biasanya intensitas paparan sinar matahari lebih tinggi. Kondisi ini jelas berbahaya bagi kulit.

Sinar ultraviolet yang terpancar dalam sinar matahari kerap menimbulkan masalah kesehatan pada kulit, seperti keriput, belang dan bahkan kanker. Meski banyak krim tabir surya yang beredar di pasaran, namun sering diketahui menimbulkan belang pada kulit.

Dalam studi yang dilansir Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, ditemukan fakta bahwa makanan kaya karotenoid dapat membuat kulit memiliki warna yang sehat.

Makanan kaya karotenoid antara lain adalah tomat, wortel dan aprikot. Tapi perlu Anda ketahui bahwa minyak sawit dapat menjadi alternatif yang lebih bergizi bagi kulit.

Menurut penelitian, minyak mengandung karotenoid 15 kali lebih besar ketimbang wortel. Beta-karoten adalah karotenoid paling aktif yang ditemukan di dalam minyak sawit. Antioksidan ini dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan terbukti dapat menghambat sel kanker, mencegah penyakit jantung dan mengurangi risiko katarak, selain dapat meningkatkan kesehatan kulit.

'Menurut Skin Cancer Foundation, sekitar 90 persen kasus kanker kulit non-melanoma berhubungan dengan paparan radiasi ultraviolet dari matahari. Daripada berjemur di bawah terik matahari untuk menyulap warna kulit menjadi indah, lebih baik mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya karotenoid untuk mengubah warna kulit secara alami,' kata ahli gizi dari ExcelVite, CheeYen Lau.

Dari fakta di atas, maka selain dapat membantu mencegah bahaya paparan radiasi ultraviolet dalam aktivitas sehari-hari, karotenoid di dalam minyak sawit juga bagus dikonsumsi bagi mereka di kawasan empat musim yang sering tanning guna mendapatkan warna kulit lebih indah. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru