Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Fakfak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Tumbang Bulan Katingan Sambut Baik Program Restorasi Gambut

  • Oleh Abdul Gofur
  • 31 Juli 2017 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kepala Desa Tumbang Bulan Kecamatan Mendawai Kabupaten Katingan, Yusran mengaku jika warganya menyambut baik program restorasi gambut di daerahnya.

"Warga Desa Tumbang Bulan menyambut baik adanya program restorasi gambut di daerah kami," sebut Kepala Desa Tumbang Bulan, Yusran di Kasongan, Minggu (30/7/2017).

Menurut Yusran, sebelumnya pihak Badan Restorasu Gambut dan perangkat desa serta tokoh masyarakat melakukan pemetaan terkait program restorasi gambut itu.

Namun hingga saat ini, Kades Yusran belum mengetahui berapa luasan areal yang bakal ditetapkan sebagai restorasi gambut itu.

"Yang jelas programnya mengelola gambut, atau pemulihan gambut seperti yang disampaikan oleh pihak Badan Restorasi Gambut kemarin," ujar Kepala Desa Tumbang Bulan Yusran.

Selain itu, program restorasi gambut ini, tutur Yusran juga melakukan pembuatan sumur bor, sekat kanal, dan lainnya yang sifatnya untuk menjaga gambut.

Bahkan, kata Yusran pihaknya sejauh ini sudah membuat peraturan desa (Perdes) terkait restorasi gambut ini.

"Yang jelas dalam waktu tidak lama lagi kami diundang mengikuti Jambore terkait restorasi gambut itu ke Palembang yang akan dibuka Presiden Jokowi," imbuh Yusran. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru