Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ponorogo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sebagian Besar Pengangguran di Kotim Lulusan SD

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 31 Juli 2017 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tingkat pengangguran di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) hingga saat ini masih sangat tinggi, yakni mencapai 7.000. Di mana sebagian besar merupakan lulusan Sekolah Dasar (SD).

"Cukup banyak pengangguran yang hanya lulusan SD, dan ini merupakan perhatian kami," ujar Kepala Disnakertrans Kotim Bima Eka Wardana, Senin (31/7/2017).

Banyaknya pengangguran yang lulusan SD tersebut berada di pedalaman. Bahkan presentasinya sangat tinggi. Namun ada juga yang lulusa  Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA), bahkan tidak sedikit dari perguruan tinggi. 

Dengan adanya hal tersebut, diharapkan masayarakat jangan hanya berharap bisa bekerja di sejumlah perusahaan swasta ataupun menjadi pegawai saja. Karena hal itu belum tentu menjanjikan.  

Sehingga yang harus dilakukan adalah berani berbuat hal positif lainnya, yakni dengan membuka peluang kerja bagi diri sendiri hingga menjanjikan untuk membuka lapangan pekerjaan lainnya. 

"Masyarakat harus kreatif, sehingga bisa membuka peluang kerja bagi diri sendiri. Tanpa berharap bekerja di perusahaan swasta atau negara," terang Bima. 

Saat ini tidak jarang orang yang hanya lulusan SD sukses dengan usahanya. Bahkan menjadi pengusaha besar. Hal itu terjadi karena adanya kemauan dan kegigihan ingin bangkit demi memenuhi kebituhan hidupnya. Dan itu harus menjadi motivasi untuk semua masyarakat. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru