Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sukses Terapkan Program KUBE, Poktan Karya Bersama II Gelar Syukuran Panen Ikan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 31 Juli 2017 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Program Kelompok Usaha Bersama (Kube) Kementerian Sosial (Kemensos) RI telah dijalankan oleh Kelompok Tani (Poktan) Karya Bersam II RT 08 Nanga Bulik. Sukses menjalankan usahanya, kelompok tani tersebut menggelar syukuran atas panen ikan dengan mengundang perwakilan pemerintah daerah, Senin (31/7/2017).

Pada gelaran syukuran tersebut Wakil Bupati Lamandau Sugiyarto, Kadinsos Lamandau, Endang Rustiningsih, Kadis Pertanian, Sunarto, serta sejumlah pegawai dari dua dinas tersebut.

"Keberhasikan budidaya ikan nila keramba apung melalui program Kube ini sangat luar biasa dan membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat. Harapan saya, usaha ini dapat dilakukan secara berkelanjutan," ungkap Sugiyarto, saat itu.

Dirinya juga menilai, sebetulnya budidaya ikan di Lamandau sangat menjanjikan. Seperti yang kita ketahui, kebutuhan ikan masyarakat kabupaten Lamandau sampai saat ini belum mampu dicukupi dari dalam daerah.

"Kita masih mendatangkan pasokan ikan dari beberapa daerah lain, baik itu Banjarmasin ataupun Pangkalan Bun atau daerah-daerah lainnya. Karena itu, keinginan kita usaha budidaya ikan ini kedepan bisa lebih besar lagi," harapnya.

Ditempat yang sama, ketua poktan karya bersama 2, Syahwana, menyebut bahwa budidaya ikan yang dijalani kelompoknya sedikit banyak telah memberi penghasilan lebih bagi anggota poktan.

"Modal dari KUBE (Kelompok Usaha Bersama) yang kami dapat itu Rp.20 juta, karena dinilai kurang maka kita mitrakan dengan pihak lain, sehingga poktan kita pada akhirnya punya lima kramba," bebernya.

Dirinya juga menyebut, ikan hasil budidaya yang telah masuk masa panen dengan durasi waktu delapan bulan sekitar 4,5 ton ikan. Jumlah tersebut berasal dari benih bibit yang ditanam sebanyak 2850 ekor ikan untuk masing-msing keramba.

Seperti diketahui, kabupaten Lamandau pada akhir tahun 2016 lalu mendapatkan jatah KUBE untuk 75 kelompok Kube. Usaha yang dijalankanpun varitif, mulia dari budidaya ikan, ternak ayam, dagang sembako dan aneka jenis usaha lainnya. Masing-masing kube juga berhak menerima bantuan dana sebesar Rp. 20 juta per kelompok, dengan satu kelompok terdiri dari 10 orang. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru