Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malinau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satgas Penanggulangan Konflik Sosial Harus Awasi Gangguan Keamanan

  • Oleh Norhasanah
  • 01 Agustus 2017 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara Ahmad Dirman meminta agar Satgas Penanggulangan Konflik Sosial melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebaik-baiknya.

"Anggota harus mengkoordinasikan, mengarahkan, mengendalikan dan mengawasi pelaksanaan efektivitas penanganan gangguan keamanan di Kabupaten Sukamara," kata Ahmad Dirman, Selasa (1/8/2017).

Dirman minta agar Satgas ini melakukan pemetaan potensi gangguan keamanan di wilayah Bumi Gawi Barinjam yang disebabkan oleh konflik sosial dan terorisme.

Selain itu, anggota juga melakukan pemantauan terhadap situasi dan kondisi keamanan secara terus menerus dengan memperhatikan hasil pemetaan potensi konflik.

"Anggota juga harus merespon dengan cepat setiap informasi yang berkaitan dengan potensi gangguan dan keamanan. Selanjutnya melakukan klarifikasi, konfirmasi, koordinasi dan singkronisasi guna mencegah terjadinya konflik terbuka yang dapat berunuang pada tindak kekerasan," ujarnya.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, anggota harus mengambil tindakan cepat, tepat dan tegas dalam mengatasi permasalahan diluar kemampuan dan kewenangan daerah.

"Setiap melaksanakan tugas anggota harus selalu melaporkannya kepada bupati secara berkala, agar setiap permasalahan yang terjadi bisa cepat diketahui," ujar Dirman. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru