Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala DLH yang Baru Rencanakan Bangun Depo Sampah

  • Oleh Noor Annisa
  • 01 Agustus 2017 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Sanggul L Gaol, yang baru dilantik sudah merencanakan program kerja untuk masalah sampah, yaitu membangun depo sampah.

Menurutnya, saat ini tugasnya sebagai Kepala DLH yang paling utama yakni membenahi masalah sampah yang terjadi khususnya di Sampit.

"Saya sudah melakukan evaluasi, yang pertama tentang persampahan yang paling mencuat, bahwa ini harus ada penanganan serius bidang sampah," ungkapnya, di Sampit, Selasa (1/8/2017).

Selain keseriusan untuk menangani masalah sampah yang terjadi, lebih lanjut Sanggul mengatakan juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan kebersihan lingkungan. "Diiringi bagaimana penyadaran dari masyarakat agar masyarakat itu sadar tentang kebersihan, kita akan sosialisasikan," tambahnya.

Dikatakannya, program yang pertama kali akan dilakukannya membuat depo sampah yang lebih besar dan menempatkannya pada tempat yang sesuai kebutuhan dan manfaatnya.

"Kalau melihat seluruh TPA yang ada saat ini, semuanya berdiri pada tanah milik jalan tidak ada bangunan depo yang dibuat untuk kapasitas lebih besar, sehingga masyarakat masih suka membuang sembarangan, untuk itu kita akan buatkan depo dan penyadaran masyarakat yang membuangnya akan kita tingkatkan," tuturnya.

Menurutnya, dimulai dari pembuatan depo yang tepat, satu depo berapa radius yang bisa ditangani, melakukan survey dimana letaknya, apa permasalahanya dan juga perkiraaan kapasitas tampungnya. Sehingga ketika depo sampah sudah dibuat dengan kapasitas yang baik sampah bisa masuk dan dijaga dengan baik sehingga pemulung tidak diperkenankan membongkar sampah.

"Kita akan contohkan buat satu depo sampah dulu, saya masih menjajaki dimana tempatnya, biar masyarakatmerasakan manfaatnya dan kita mulai tegakan aturannya," tutupnya. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru