Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penghargaan Adipura Bukan Untuk Bupati

  • Oleh Noor Annisa
  • 01 Agustus 2017 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Timur Sanggul L Gaol mengatakan bahwa penghargaan Adipura bukanlah untuk bupati, melainkan cerminan dari kehidupan masyarakat.

Menurutnya, bupati maupun dirinya selaku kepala DHL tidak bisa bekerja sendiri untuk mengatasi masalah kebersihan lingkungan. "Adipura itu hadiah untuk masyarakat jadi bukan untuk bupati. Kalau masyarakatnya mau raih Adipura, mau lingkungannya sehat, ayo kita bersihkan," katanya, Selasa (1/8/2017).

Dikatakannya bahwa kebersihan lingkungan merupakan kinerja bersama dari pemerintah dan masyarakat. Untuk itu, dirinya akan memprogramkan pembangunan depo sampah yang bertujuan agar masyarakat membuang sampah pada tempatnya.

"Kalau kita sudah punya depo yang bagus, dibangun yang bagus, orang akan tertarik untuk membuang di situ. Satu hari harus habis angkut supaya tidak bau, yang ditata dan pengelolaan standard, ada SOP (standard operasional prosedurnya)."

Setelahnya, sambung Sanggul, perlu sosialisasi dan pembelajaran kepada masyarakat, serta kepercayaan kepada RT untuk pengelolaan lingkungan. Khususnya tata cara mengelola sampah di lingkungan masing-masing agar bisa sampai ke depo sampah yang sudah disediakan.

"Kalau sudah jadi depo dan masyarakat sudah memiliki kesadaran kita hanya mengelola TPA nantinya. Untuk Adipura kita harus tetap optimistid, tinggal waktu saja. Sebab semuanya milik masyarakat," tutupnya. (NOOR ANNISA/B-3)

Berita Terbaru