Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sibolga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Kelebihan Irigasi Curah Portable Untuk Budidaya Bawang Merah

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 02 Agustus 2017 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - "Teknologi irigasi curah portable digunakan untuk efisiensi pengairan pada pertanian budidaya bawang merah," ungkap penyuluh pertanian Prayitno kepada Borneonews, Rabu (2/8/2017).

Pada irigasi curah portable petani dapat mengatur kebutuhan air tanaman bawang merah karena mata nozel-nya dapat diatur dengan ukuran tertentu. Sehingga saat menyemprotkan air irigasi curah tidak membuang-buang banyak air.

Selain itu, teknologi curah portable menguntungkan karena mengurangi beban. Petani tidak mengeluarkan banyak tenaga saat menggunakannya. Berbeda dengan metode penyiraman secara tradisional.

Ia juga menuturkan, dengan menggunakan irigasi curah portable petani dapat menciptakan efisiensi pada sistem pengairan dan bisa diaplikasikan pada budidaya bawang merah dengan kondisi lahan kering.

"Dapat mengontrol pemberian air pada budidaya bawang, desain dapat dirancang fleksibel, dapat dilakukan fertigation atau pemberian nutrisi tanaman melalui sistem irigasi dan dapat digunakan untuk mengontrol iklim," imbuhnya.

Kelebihan lain dari irigasi curah portable ialah menjaga tanah tetap lembut, dapat dibongkar pasang sesuai kebutuhan karena sifatnya yang portable dan bisa digunakan pada musim kemarau karena dilengkapi dengan embung/kolam penampung air hujan.

Dengan teknologi irigasi curah portable, hasil panen budidaya dapat meningkat. Dengan 25 kg bibit bawang merah dapat menghasilkan 300 kg. Artinya dengan luas lahan 1 hektare dan bibit 1 ton akan menghasilkan 10 ton bawang merah berkualitas. (KOKO SULISTYO/B-3)

Berita Terbaru