Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bukittinggi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Strategi Program PAMSIMAS di Gunung Mas

  • 02 Agustus 2017 - 18:58 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas menggelar Sosialisasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di aula Badan Perencanaa, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D), Rabu (2/7/2017). Kegiatan ini dihadiri SOPD, camat, kepala desa dan pihak lainnya.

Wakil Bupati Gunung Mas, Rony Karlos mengatakan strategi dalam program Pamsimas antara lain mengubah perilaku masyarakat untuk hidup dan sehat melalui pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) dan sanitasi berbasis masyarakat.

Selain itu mengarusutamakan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat dalam pembangunan SPAM dan sanitasi serta melakukan shering program APBN, APBD (provinsi, kabupaten/kota), APBDes, swasta, perbankan, kelompok peduli/lembaga swadaya dan perguruan tinggi.

Kemudian penguatan kelembagaan ditingkat kabupaten dalam rangka mendukung keberlanjutan pengelolaan dan pengembangan pembangunan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat.

Lalu penguatan peran pemerintah desa untuk membina dan mengawasi penyelengaraan SPAM yang meliputi pengembangan (pembangunan baru, perluasan dan peningkatan) dan pengelolaan termasuk dukungan biaya.  (EPRA SENTOSA/B-6)

Berita Terbaru