Software Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur akan Layangkan Surat Teguran ke Walikota dan Dua Bupati

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 02 Agustus 2017 - 21:54 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Ada sejumlah kabupaten yang belum menunjukkan komitmennya pada penyelenggaraan pemilu kepala daerah (Pilkada) serentak 2018.

Sebab ada bupati belum memastikan alokasi anggaran untuk pengawasan pemilu. Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran pun tegas mengatakan akan segera melayangkan surat kepada bupati sebagai teguran.

Diketahui di Kalteng ada 10 kabupaten dan 1 kota yang akan mengikuti Pilkada 2018t. Namun dari 11 daerah ini masih ada tiga daerah yang belum menyiapkan dana Pilkada khususnya untuk Panwaslu.

"Saya akan memberikan perhatian khusus tentang ini dan segera buat surat untuk mereka agar segera menyiapkan dana Pilkada, termasuk pengawasan. Teguran ini karena sudah diingatkan September sudah harus klir," ungkap Sugianto memerah karena beberapa waktu lalu sudah memperingatkan kepada semua kepala daerah untuk segera.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kalteng Theopilus Y Anggen mengatakan ketika Pilkada dilaksanakan tanpa petugas pengawas, maka Pilkada sebenarnya tidak sah dilaksanakan.

Sebab hilang satu unsur penyelenggara pemilu tidak akan sah. Karena itu dia tidak segan mengancam untuk menunda Pilkada 2018 di Kalteng kalau tidak disiapkan anggaran pengawasan.

Tiga daerah yang belum menganggarkan dana untuk Panwaslu adalah Pulang Pisau, Sukamara, dan Palangka Raya. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru