Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bitung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tidak Meratanya Sebaran Guru Jadi PR Kepala Dinas Pendidikan Kotim Baru

  • Oleh Naco
  • 03 Agustus 2017 - 08:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Penyebaran guru yang belum merata di Kabupaten Kotawaringin Timur menjadi pekerjaan rumah (PR) yang harus segera diselesaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kotim yang baru Bima Eka Wardana.

Menurut anggota Komisi III DPRD Kotim Abdul Sahid, penyebaran guru sejauh ini masih belum adil. Hal itu tentu menjadi permasalahan serius di dunia pendidikan.

"Karena permasalahan kekurangan guru hampir terjadi di semua sekolah tingkat dasar," kata politisi PKS ini, Kamis (3/8/2017).

Termasuk dalam hal penerimaan guru kontrak. Sahid berharap, setiap kali ada penerimaan tenaga kontrak, penempatannya harus memperhatikan kebutuhan daerah.

"Jangan setahun siap ditempatkan di desa, tahun berikutnya sudah minta ke kota. Nah ini jangan sampai terjadi," tegasnya.

Selama ini, guru banyak menumpuk di kota sedangkan di desa justru mengalami kekurangan. Ini yang harus cepat diatasi oleh Eka Bima Wardana selaku kepala Dinas Pendidikan Kotim yang baru.

"Termasuk memperhatikan gaji guru honor sekolah yang tidak manusiawi. Luar biasanya jasa guru tidak dihargai dengan layak, banyak terjadi semacam itu," tukasnya.

Dijelaskan Sahid, pendidikan mendapat porsi anggaran paling besar di APBD Kotim. Nominalnya lebih dari Rp300 miliar. Selain untuk gaji, seharusnya bisa dianggarkan dan dialokasikan untuk pembangunan fisik. Sehingga permasalahan yang terjadi seperti tidak layaknya sebuah sekolah untuk kenyamanan belajar bisa teratasi.

"Kami dari Komisi III siap mendukung anggaran untuk kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Kotim," pungkasnya. (NACO/B-3)

Berita Terbaru