Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Edy Pratowo Sepakat Integrasi Sawit dan Ternak Sapi

  • Oleh James Donny
  • 03 Agustus 2017 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau- Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo mengaku sangat sepakat dengan adanya pola integrasi usaha perkebunan sawit dengan ternak sapi. Menurutnya wilayah Kabupaten Pulang Pisau merupakan penghasil ternak dan juga sebagai wadah penggemukkan pedaging terbesar kedua di Kalimantan tengah, dan 40% wilayah Kabupaten Pulang Pisau, usaha investasi pihak ke-3 dan masyarakat adalah usaha sawit. "Dengan pola integrasi tanaman perkebunan dan ternak sapi, merupakan salah satu alternatif upaya diversifikasi," katanya.

Ia melanjutkan pengembangan ternak sapi melalui sistem integrasi di kawasan perkebunan kelapa sawit menurutnya berpeluang besar untuk dikembangkan di Kabupaten Pulang Pisau, mengingat potensi perkebunan kelapa sawit yang tersedia cukup luas.

Menurut Edy, sistem integrasi tanaman dan ternak serta pemberdayaan lahan yang sinergis ini juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Selain itu terang Edy manfaat bertambahnya penghasilan dari penjualan hasil produksi sapi, pupuk kandang untuk bahan perbaikan kesuburan lahan, serta manfaat lainnya yang dalam skala kecil dapat mendorong berlangsungnya usaha tani secara berkelanjutan.

"Sudah selayaknya sistem integrasi tersebut nantinya harus didukung oleh semua pihak terkait," kata Edy menanggapi Raperda Inisiatif DPRD tentang Integrasi Usaha Perekebunan Kelapa Sawit dengan Usaha Ternak Sapi saat ini yang sedang dalam pembahasan. (JAMES DONNY/B-8)

Berita Terbaru