Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asahan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Karhutla Ancam Kelangsungan Hidup Satwa Dilindungi

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 Agustus 2017 - 19:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, akan meningkatkan patroli terpadu dengan melibatkan sejumlah instansi terkait seperti Polri dan TNI. Hal ini dalam rangka mengantisipasi karhutla.

"Itu akan kami lakukan pada pekan kedua Agustus 2017 ini. Personel ada enam orang, dibagi menjadi dua tim," kata Komandan BKSDA Sampit Muriansyah, Kamis (3/8/2017).

Kegiatan patrol terpadu ini, akan dilakukan di dua tempat yaitu Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Baamang dan Desa Eka Bahurui Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Antisipasi dan pencegahan terhadap kebakaran hutan dan lahan dinilai penting. Karena bila tidak diantisipasi, kebakaran hutan dan lahan dapat mengakibatkan musnahnya sebagian habitat satwa-satwa yang dilindungi, seperti orangutan, beruang madu, dan lainnya.

Saat ini, lanjut Muriansyah, pihaknya juga telah melakukan sejumlah pemadaman kebakaran hutan dan lahan. 'Kami sudah empat kali melakukan pemadaman karhutla. Dua kali merupakan pemadaman mandiri dan dua lainnya pemadaman gabungan bersama instansi terkait,' kata Muriansyah. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru