Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

ICMI Kalteng Harus Siap Sinergi dengan Pemerintah Tangkal Radikalisme

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 04 Agustus 2017 - 14:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Prof Jimly Asshiddiqie meminta pengurus ICMI Kalteng untuk bersinergi dengan pemerintah membangun 'Kalteng Berkah'. Kemudian juga dalam hal menangkal gerakan radikal yang bertentangan dengan Pancasila.

Jimly mengatakan hal tersebut saat mengukukuhkan Majelis Pengurus Wilayah (MPW) ICMI Kalteng, Kamis (3/8/2017). Karena, menurutnya, ICMI wadah insan cendekia maka harus melalui pendekatan moral dan intelektualnya.

'Kita harus sinergi dengan pemerintah memerangi radikalisme yang menggejala dan muncul ke permukaan. Lahirnya ideologi bangsa ini tidak mudah, para ulama, tokoh masyarakat dan pejuang bangsa melakukan kajian dan perdebatan yang panjang hingga lahirnya dasar negara Pancasila dalam pembentukan Indonesia,' tegas Jimly.

Sebagai warga negara atau ormas, lanjut Jimly, tidak boleh mengkhianati kesepakatan bersama dalam pembentukan negara Indonesia. Dia menegaskan, lahirnya Pancasila adalah buah dari kesepakatan tokoh pejuang dan pemikir termasuk pemikir Islam, yang kemudian menjadi konsensus bersama bangsa Indonesia.

"Tidak ada alasan untuk merobek kebhinekaan dan mengingkari kesepakatan bersama tersebut. Jadi kesepakatan ini (Pancasila) jangan sampai dikhianati,' tandasnya.

Sementara itu, Ketua MPW ICMI Kalteng, Abubakar HM dalam kesempatan tersebut mengatakan, siap bersinergi dengan Pemprov memberikan sumbang sih pemikiran agar visi misi gebernur 'Kalteng Berkah' tercapai. Abubakar juga menyatakan akan membentuk kepengurusan ICMI di daerah se-Kalteng. Berikutnya, berjanji akan memperluas anggotanya lebih khususnya perempuan.

Di tempat yang sama, Ketua Pengukuhan yang juga Wakil Ketua MPW ICMI Kalteng, Kaspinor menegaskan, setelah dikukuhkan ini ICMI Kalteng bisa bergerak cepat membangun konsolidasi dengan semua elemen masyarakat dan bersinergi dengan semua stakeholder dalam rangka membangun Kalteng yang lebih Berkah. (ROZIQIN/B-11)

Berita Terbaru