Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anak Muda di Sukamara Lirik Kesenian Japen

  • Oleh Norhasanah
  • 04 Agustus 2017 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kalangan muda di Kabupaten Sukamara mulai melirik atau menggemari kesenian Japen. Terbukti, banyak yang bergabung dalam sanggar seni Serumpun Jelai.

"Alhamdulillah sekarang sudah banyak kader-kader muda yang bergabung dalam sanggar seni tersebut untuk belajar kesenian japen," kata Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Sukamara, Chairuddin, Jumat (4/8/2017).

Chairuddin mengaku senang, banyak kaum muda yang bergabung di sanggar seni yang berada di bawah binaannya. Itu menunjukkan bahwa anak-anak di Bumi Gawi Barinjam mulai menggemari kesenian yang memang harus dilestarikan agar tidak tenggelam. "Setiap hari anggota di Serumpun Jelai ini latihan untuk mengasah kemampun mereka agar semakin mahir dalam menari dan memainkan alat musik gedang dan jenis lainnya," tuturnya.

Munurut Chairuddin, sanggar seni Serumpun Jelai saat ini tidak hanya terbatas pada Kelurahan Mendawai saja, namun sudah melibatkan Kelurahan Padang dan beberapa desa lainnya yang ingin bergabung untuk melestarian dan mengembangkan tarian tradisional tersebut. "Kami berharap ke depannya semakin ramai remaja yang tertarik ingin belajar dan bergabung dalam kesenian japen, mengingat kegiatan tersebut akan memberikan banyak manfaat dan membawa hal positif bagi mereka dalam mengisi waktu luang," tuturnya. (NORHASANAH/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru