Aplikasi Pilkada Terintegrasi dengan Excel

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Status Kotawaringin Timur Siaga Darurat Bencana Asap

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Agustus 2017 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Mulai terjadinya kebakaran hutan dan lahan dalam beberapa hari terakhir, membuat Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menaikkan status waspada menjadi siaga darurat bencana asap.

Ditingkatkannya status waspada menjadi siaga bukan tanpa sebab. Ini karena dalam beberapa hari terakhir jumlah titik api terus mengalami peningkatan. Bahkan, dalam 10 hari terakhir, sudah 62,5 hekatare lahan di Kotim terbakar.

"Kami baik pemerintah daerah, TNI, Polri, dan instansi lainnya sudah sepakat bahwa saat ini sudah siaga darurat bencana asap," ujar Sekda Kotim Halikinnor, usai memimpin rapat koordinasi masalah kebakaran hutan dan lahan di Pemkab Kotim, Jumat (4/8/2017) sore.

Selain hal itu, dari pantauan pihak BMKG bahwa pada Agustus 2017 ini Kotim sudah masuk musim kemarau. Walaupun akan ada hujan namun dengan intensitas rendah.

Selain itu, titik api juga terus terpantau di beberapa Kecamatan yang berada di wilayah tengah kabupaten ini. Yakni Kecamatan Baamang, Kota Besi, Mentaya Hilir Utara, dan Mentaya Hilir Selatan.

"Selain itu, di daerah selatan juga sudah tidak terjadi hujan dalam sepekan terakhir. Sehingga itu sangat di waspadai oleh semua pihak, agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan," kata Halikinnor.

Sementara untuk saat ini yang paling banyak terjadi kebakaran lahan yakni di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, yang mana sudah mencapai 56 hekatare lahan yang terbakar. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru