Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian dan BPS Targetkan Produksi Padi 34,24 Kuintal per Hektare

  • 05 Agustus 2017 - 10:46 WIB

BORNEONEWS,Kuala Kapuas - Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kapuas sepakat melaksanakan kegiatan ubinan bersama dengan harapan produktitas padi tahun ini mampu menembus angka 34,24 kuintal per hektare.

Kepala Dinas Pertanian Kapuas, Anjono Bhakti, melalui kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan, Jarwadi, mengatakan, pada tahun 2015 produktivitas padi Kapuas mencapai 39 kuintal per hektare.Tetapi pada tahun 2016 produktivitas padi turun hingga sekitar 30,27 kuintal per hektare.

Jarwadi mengakui, anjloknya produktivitas padi tersebut diduga lantaran pelaksanaan ubinan yang tidak merata di masing-masing wilayah. Sehingga dalam rapat koordinasi antara Dinas Pertanian dengan BPS Kapuas yang dilaksanakan pada 31 Juli 2017 lalu, disepakati bahwa kedua intansi ini akan melakukan ubinan di lapangan secara bersama.

'Kegiatan ubinan bersama ini untuk menghitung produktivitas di masing-masing wilayah, tentunya berdasarkan sampel ubinan. Jadi, dengan ukuran 2,5 x 2,5 meter nanti akan diketahui berapa sih produktivitas padi per hektare,' kata Jarwadi kepada Borneonews melalui sambungan telepon, Sabtu (5/8/2017)

Untuk kegiatan ubinan lanjut Jarwadi, swakarsa yang berjumlah sebanyak 340 unit tersebut, Dinas Pertanian Kapuas pun juga sudah mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaannya, dimana dalam satu unitnya difasilitasi dana sebesar Rp 75.000. 'Memang sangat kecil anggarannya, karena dalam satu unit ubinan bisa tiga orang yang melaksanakan,' ungkapnya.

Harapanya, Dinas Pertanian telah berupaya dengan anggaran hanya sebesar Rp 25,5 juta untuk kegiatan ubinan swakarsa tersebut, dapat meningkatkan produktifitas padi di Kabupaten Kapuas dari semula 30,27 kuintal per hektare naik menjadi 34,24 kuintal per hektare. 'Sehingga produksi padi kita juga akan naik menjadi 19% dari tahun sebelumnya,' harap Jarwadi.

Pelaksanaan ubinan bersama antara Dinas Pertanian Kabupaten dan BPS Kapuas dijadwalkan pada Agustus ini. 'Agustus ini kita mulai karena ini sekarang kegiatan panen sudah banyak dilaksanakan masyarakat, khususunya di di wilayah Kecamatan Kapuas Kuala, Kecamatan Tamban Catur dan wilayah Kecamatan Kapuas Timur,' pungkasnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)


TAGS:

Berita Terbaru