Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Prof. Weix Ulas Pentingnya Pendidikan dan Kemampuan Berbahasa Asing

  • Oleh Nazir Amin
  • 06 Agustus 2017 - 08:46 WIB

BORNEONEWS, Kudus - Pendidikan dan kemampuan berbahasa asing sangat penting dalam era globalisasi seperti sekarang ini. Sebab, dengan itulah seseorang bisa beradaptasi dan eksis dalam perkembangan yang ada.

"Seseorang bisa survive dalam kompetisi global, berkat pendidikannya. Selain itu, kemampuan berbahasa asing juga ikut menentukan, sehingga bahasa asing harus benar-benar dikuasasi," kata Prof G.G. Weix dari University of Montana, Amerika Serikat, Sabtu (5/8/2017).

Prof Weix mengutarakan hal itu saat berbicara dalam perkuliahan tamu yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK).

Dalam hal pendidikan, Weix optimistis Indonesia merupakan negara yang sangat memperhatikan dan peduli. Penilaian itu dilontarkan, lantaran dia pernah melakukan riset di Indonesia, khususnya di Kabupaten Kudus terkait perekonomian.

"Waktu saya melakukan riset dulu, sering bertanya pada pekerja (buruh), tentang motivasinya. Mengapa mereka bekerja Jawabnya, supaya anak-anaknya bisa belajar hingga perguruan tinggi," kisahnya.

Dengan kata lain, Weix menilai, masyarakat luas sudah memahami akan arti penting pendidikan. Dengan kesadaran masyarakat yang baik akan pentingnya pendidikan inilah, ia optimistis Indonesia akan semakin baik di kemudian hari. Yang perlu dipahami, Bahasa Indonesia juga sangat berpeluang jadi bahasa internasional. (HUMAS UMK/RO/*/N).

Berita Terbaru