Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lagi, 30 Hektare Lahan di Desa Basirih Hilir Terbakar

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 Agustus 2017 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Setelah beberapa hari lalu api membakar lahan seluas 30 hektare di Desa Basirih Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berhasil dipadamkan, namun kini kebakaran kembali terjadi di daerah yang sama namun lokasi yang berbeda.

Di mana sekitar 30 hektare lahan kembali terbakar di desa tersebut. Bahkan hingga Minggu (6/8/2017 sore tadi, pemadaman terus dilakukan oleh tim terpadu yang terdiri dari 19 instansi dan organisasi di Kotim.

"Kami melakukan pemadaman karhan di Desa Basirih Hilir, sedikitnya ada 55 orang terjun ke lapangan. Hal itu dilakukan agar bisa melakukan pemadaman terhadap lahan terbakar itu," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim Sutoyo.

Lambannya pemadaman tersebut karena jarak tempuh ke lokasi kebakaran cukup jauh dan memakan jarak mencapai enam kilo meter dari jalan besar. Dimana untuk mobil hanya bisa masuk sepanjang empat kilometer saja, sedangkan sisanya jalan kaki.

Hal itu tentu sangat menyulitkan, apalagi peralatan untuk memadamkan api cukup berat, dan harus dibawa dengan tenaga. Belum lagi mencari mata air juga cukup susah.

"Saat ini sangat kesusahan untuk mencapai lokasi kejadian, bahkan harus jalan kaki dulu," terang Sutoyo.

Sementara, saat ini yang menjadi kendala juga kekurangannya alat bantu pemadam kebakaran portable dan juga kendaraan untuk mendatangi lokasi kejadian kebakaran tersebut. Bahkan untuk saat ini, tim masih memakai kendaraan pribadi untuk ke lokasi tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru