Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pelalawan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seluruh Camat di Kotim Harus Siaga Karhutla

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 07 Agustus 2017 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seluruh Camat di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diminta terus siaga mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). "Camat harus siaga, jangan sampai lengah. Kalau terjadi karhutla di daerah masing-masing langsung saja bergerak," ujar Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor, Senin (7/8/2017).

Saat ini, Pemkab Kotim sudah menetapkan status siaga darurat bencana asap. Hal tersebut melihat dari kejadian kebakaran dalam beberapa hari terakhir yang cenderung meningkat, terutama di daerah yang kondisi tanahnya lahan gambut.

Seluruh elemen masyarakat diwajibkan untuk menjaga agar bencana asap seperti beberapa tahun lalu tidak terulang kembali. "Camat harus aktif mengimbau, memberikan sosialisasi kepada warganya agar tidak melakukan pembakaran lahan, dan bila melihat titik api juga langsung melakukan pemadaman, agar tidak menjalar ke lahan lainnya," ungkap Halikin.

Masyarakat harus aktif karena memadamkan api bukan hanya tugas dari pemerintah daerah dan juga tim saja. Namun seluruh kalangan, karena demi kepentingan orang banyak dan juga kesehatan masyarakat. (MUHAMMAD HAMIM/B-2)

Berita Terbaru